Puasa Sehat

Pola makan saat bulan puasa pasti ngalamin perubahan. Mungkin udah banyak yang tau, apa aja makanan yang sehat untuk dilahap saat buka. Biasanya saat puasa, kita udah rencana mau buka puasa dengan menu apa aja. Apalagi kalau tiap hari cuacanya panas, lebih mendorong otak buat buka dengan es. Nah tadi sambil baca-baca sengaja mau nulis tips yang kayanya simpel tapi sering kita lupa. Sering makan kebanyakan, sering tidur kebanyakan, males olahraga (ini sih yang nulis yaaa?@4$^%&&,  digaruk pembaca :D).  Ayo disimak yok, 7 hal yang mungkin berguna saat puasa:

1. Minum yang cukup, perlu diingat kebutuhan tubuh sekitar 1,5 liter per hari. Ada yang menyarankan untuk minum 10 gelas saat sahur dan setelah berbuka. (Kalo ini pinter-pinter kita aja atur waktunya)

2. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan, nah ini karena kaya akan vitamin dan mineral. Buah pilihannya antara lain : Jeruk, Semangka, Kurma, Stroberi, Pisang, Pepaya, Mangga. Untuk yang maag, bisa rutin makan pisang karena mengurangi asam lambung.

3. Saat berpuasa, olahraga juga harus tetap dilakukan agar tubuh tetap prima. Waktu olahraga yang baik dapat dilakukan setelah sahur selama setengah jam, atau setengah jam sebelum berbuka. Pilih olahraga yang ringan seperti jalan kaki, atau senam yang ringan.

4. Menu makan yang kurang baik, misalnya ketika berbuka memakan banyak makanan yang manis. Karena dengan makanan bergula tinggi akan menyebabkan kadar gula tidak stabil. Mengapa kita merasa lemas saat puasa, bahkan membuat kita malas untuik beraktivitas. Hal ini dikarenakan kadar gula dalam darah rendah atau sering disebut hipoglikemia.

5. Ini tips yang poin 5 agak-agak susah, tapi pasti bisa. Jangan langsung tidur setelah sahur, tunggu beberapa saat, krn tubuh kita memerlukan waktu untuk mencerna makanan ini, bila langsung tidur maka makanan akan lambat dicerna dan ini akan mengakibatkan pencernaan tidak optimal.

6. Untuk yang mau tidur pagi, saya sarankan mulai jam 10, sehabis dhuha. *Untuk yang bekerja kantoran, sabar ya :). Tapi sebenernya cukup tidur 5-6 jam dalam sehari, ngga perlu tidur saat pagi atau siang, jika tak mengantuk.

7. Big no no adalah makan secara berlebihan waktu sahur atau buka, tidur berlebihan dan tidak pernah berolah raga.

Semoga bisa bermanfaat nih rangkumannya, all the best for you :)
-ucil-

Image : google

13 comments:

  1. nambahin lagi mbak...
    1. Jangan makan di siang hari...
    insya Allah puasa anda baik..

    udah....

    hehe... piss..

    ReplyDelete
  2. terima kasih tipsnya kawan..

    ReplyDelete
  3. Aku selama ini melakukan big no no hahaha Harus diubah perlahan nih =D

    ReplyDelete
  4. makasih tipsnya... :D

    ReplyDelete
  5. Hahaha setuju, susah tips part nomer lima :D

    ReplyDelete
  6. kalau aku setuju nomer 1,tp mungkin dari dulu aku udah teratur minum minimal 7liter per hari puasa atau pun hari biasa,soalnya pernah cek ke dokter ternyata ginjal & isi badan kita jd bersih loh dari penyakit

    ReplyDelete
  7. sudah lama nggak main kesini mbak :D
    saya malah jarang olahraga setelah sahur, biasanya saat sore hari (sebelum berbuka puasa), hehe. terima kasih atas tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  8. cie yg bisa tidur sehabis duha :hammer --"

    ReplyDelete
  9. terlalu banyak tips hanya akan membuat terkekang...

    jalani puasa dengan caramu sendiri

    ReplyDelete
  10. tapi gara2 sahur itu sedikit banya "merusak" jam tidur, maka waktu tidurnya malah jadi bertambah.. :D

    ReplyDelete
  11. Poin no. 6 masih bisa tuh Cil, walaupun kerja, hihihihi..

    ReplyDelete
  12. olahraga..itu yg susah kynya cuy :D

    udah 2 kali puasa ga bs bukber sama kamyuuuu, kangennnn >.<

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena