kontak batin ibu dan anak

Kontak Batin Ibu dan Anak
Assalamu'alaikum...Meski sekarang bukan hari ibu, sekilas aja nih ucil mau bahas tentang keterikatan batin seorang ibu dengan anaknya. Sebenernya cerita ini terinspirasi karena nadia, udah beberapa waktu mengendap di notepad. Lumayan susah nyari teori kenapa ibu dan anak ada kontak batin? Googling sana sini, belum terkumpul infonya. Nah, alhamdulillah nih dapet dari sini. Awal Mula Komunikasi Ibu dan Anak Terbentuk Hubungan anak dengan orang tua merupakan sumber emosional dan kognitif bagi anak (kognitif itu apa sih? kognitif hasl googling = Kepercayaan/ pengetahuan seseorang tentang sesuatu dipercaya dapat mempengaruhi sikap mereka dan pada akhirnya mempengaruhi perilaku/ tindakan mereka terhadap sesuatu). Hubungan anak pada masa-masa awal dapat menjadi model dalam hubungan-hubungan selanjutnya.Hubungan awal ini dimulai sejak anak terlahir ke dunia, bahkan sebetulnya sudah dimulai sejak janin berada dalam kandungan. Reaksi bayi berupa tangisan, senyuman, isapan akan mendatangkan reaksi ibu dan perlindungan atas kebutuhan bayi. Proses ini akan meningkatkan hubungan ibu dan anak. Sebaliknya bayi juga dipersiapkan untuk merespon tanda, suara dan perhatian yang diberikan ibu 


Lalu bagaimana komunikasi/interaksi antara ibu dan bayi yang masih ada dalam janin dapat terjalin?
Pemahaman kita terhadap identitas orang tua dengan komunikasi pasif dalam alam kandungan bahwa itu ayah kita atau itu ibunda kita melalui suara. Inilah kebesaran sang pencipta yang harus kita fahami sebagai mahluk yang mempunyai kemampuan berfikir. Yang dapat membangun hubungan emosional antara ibu dan anak adalah kelekatan (attachment).
Kelekatan itu sendiri dapat terbangun melalui komunikasi verbal dan non verbal antara ibu dan anak. Bahkan sejak dalam kandungan, ibu dapat membangun kelekatan dengan anak melalui proses komunikasi pasif.

Dalam berkomunikasi dengan anak sang ibu selaku orang tua dari si anak, sebaiknya berusaha untuk mengerti dunia anak, memandang posisi mereka, 
mendengarkan apa ceritanya dan apa dalihnya. Mengenali apa yang menjadi suka dan duka, kegemarannya, kesulitannya,kelebihan, serta kekurangan mereka.

tambahan : 
Pemberian ASI akan membina hubungan batin yang kuat antara ibu dan bayi. 
Bayi akan merasakan kehangatan, rasa aman, dan hal ini sangat diperlukan untuk perkembangan selanjutnya.

Yak, jawabannya adalah kebesaran Allah, kenapa seorang ibu dan anak memiliki keterikatan batin :D
Okehhh, kayanya cukup nih buat calon ibu, seorang ibu atawa bapak or calon bapak :)
semoga bermanfaat.
Tulisan ini di persembahkan untuk ibunda saya, ibunda sahabat2 saya dan semua ibunda yang pernah hadir di muka bumi. We love you :).

Wassalam..

ucil..

*)gambar diambil dari google.com

12 comments:

  1. berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..:)

    ReplyDelete
  2. hidup ucil dan ibunya ucil :D

    eh, hidup juga calon bapak XD

    ReplyDelete
  3. Saya percaya setiap orang yang punya kedekatan emosional dg orang lain pasti punya kontak batin yang kuat, baik itu ibu, saudara, teman dll...

    tapi emang sih insting ibu yang paling kuat, mungkin krn sudah kenal watak anaknya luar dalam kali cil... hehee

    Nice post :)

    ReplyDelete
  4. pantas saja kalau surga itu ada di bawah telapak kaki ibu

    ReplyDelete
  5. postingannya buat gue banget.. hihihi *emak2 dot com*.

    makasiy ya ucil dah diingetin lewat postingannya :D

    ReplyDelete
  6. Dija gak dapet ASI tante...
    :(

    ReplyDelete
  7. Iya ya Cil, ternyata kalo didalami lebih banyak ada hal-hal yang bisa dilakukan atau emang secara natural sudah tercipta untuk memperkuat hubungan antara bayi (atau calon bayi) dengan orang tuanya.

    aah segera pengen punya bayi..
    #plaak

    ReplyDelete
  8. yup. mama kadang tau lebih dulu hal-hal yang bahkan belum aku ceritain. ibu itu instingnya kuat.

    ReplyDelete
  9. jadi pengen punya anak. eh, kan dah ada Rizky ya? :D

    ReplyDelete
  10. Subhanallah yaa, Ibu is the best :)
    karena dia itu udah deket banget ma kita dan bahkan kita numpang di rahimnya selama 9bln jadi makanya kontak batin Ibu dan anak itu pasti lekat banget yaa :)

    ReplyDelete
  11. Emang ibu kontak batin terhadap anaknya memang benar" kuat banget yah, thanks gan buat artikel yg membantu ini, salam kenal dari pondok pesantren nurul ilmi darunnajah 14, iseng" bisa mampir ke website kami di ==> nurul-ilmi.com :)

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena