kanker lidah

Assalamualaikum semua,

semoga sehat selalu :)
hari ini googling tentang "kanker lidah"
dan mau berbagi apa itu dan mengapa kanker lidah itu timbul.
dari yang uciL baca, penyebab terbesar kanker lidah itu adalah rokok
dan ini hasil googlingnya :

Kanker lidah adalah suatu neoplasma malignat yang timbul dari jaringan epitel mukosa lidah dengan selnya berbentuk squamous cell carcinoma (cell epitel gepeng berlapis) dan terjadi akibat ransangan menahun, juga beberapa penyakit-penyakit tertentu (premalignant) seperti syphilis dan plumer vision syndrome, leukoplasia, reytoplasia. Kanker ganas ini dapat menginfiltrasi ke daerah sekitarnya, di samping itu dapat melakukan metastase secara limfogen dan hematogen.

Penyebab terjadinya kanker lidah adalah merokok, terutama yg lebih dari 2 pack perhari, resiko tersebut akan meningkat dengan penggunaan alcohol 6-12 oz sehari. Squamous cell carcinoma pada lidah dapat juga disebabkan syphilis atau trauma khronis misalnya tambalan atau gigi yang tajam yg menimbulkan trauma pada lidah
materi referensi:
Dirangkum dari berbagai sumber

setelah baca kanker lidah itu apakah, uciL berpikir, si nyai kan bukan perokok
dan googling kembali,ada yang mengatakan
Iritasi yang berulang karena tepi yang tajam dari gigi yang patah, tambalan atau gigi palsu dapat merupakan resiko tambahan untuk terjadinya kanker mulut.(*hmm koq kanker mulut yah)
Orang-orang yang pernah menderita kanker mulut mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk menderita kanker lainnya.
materi referensi:
www.medicastore.com

untuk menekan risiko kanker ganas yang menyerang organ lidah tersebut, antara lain:

* Berhenti merokok terutama pada perokok yang merokok cigarette, cerutu dan merokok dengan mengunakan pipa. Merokok adalah faktor resiko kanker yang terbesar. Semua jenis tembakau membuat Anda berisiko kanker. Mencegah tembakau atau memutuskan untuk berhenti menggunakannya merupakan keputusan kesehatan yang sangat penting. Hal ini merupakan bagian dari mencegah kanker.
* Hindari minuman beralkohol.
* Pemeriksaan rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi.
* Salah satu hal yang wajib dilakukan dan sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan memeriksakan dan membersihkan gigi secara teratur. Hal itu bisa mencegah karang gigi, gusi sakit, gigi berlubang,kanker mulut, dan penyakit gigi lainnya. Jangan tunggu sampai Anda punya masalah, lalu baru pergi ke dokter gigi. Sebaiknya cegah sebelum terjadi.
* Menjaga kebersihan mulut dan gigi. Apabila mulut dan gigi tidak terjaga kebersihannya, maka membuat kuman yang berjangkit lama-lama menjadi jamur dan akhirnya berkembang menjadi kanker. Selain menyikat gigi disarankan untuk menggunakan obat kumur yang menuntaskan kegiatan membersihkan mulut.

8 comments:

  1. ngerii euy..tq infonya ciL
    smg nyai cepet sembuh ya :)

    ReplyDelete
  2. thx for share cil...

    semoga sehat selalu juga buat ucil ^^

    ReplyDelete
  3. para perokok.. ayo berhentilah!

    ReplyDelete
  4. halu cil,,
    jgn mpe ngorkok ya cil :D

    ReplyDelete
  5. dv > iyah pon sama2,amin smoga nyai sembuh.

    inge > iyah smoga inge juga sehat, sama2 yah inge

    dy > hihi iyah tuh yg meroko

    mas dwi > halu,mas tuh jgn sampe ngerokok :D

    ReplyDelete
  6. emang mbak..rugi banget kalo suka ngerokok! heheh..banyak banget kok kanker2 yang lain, kayak kanker nasofaring (tenggorokan) dan kanker paru2 juga salah satu faktor resikonya ngerokok:D itu baru kanker, belom penyakit2 lain kayak penyakit jantung!hehe

    ReplyDelete
  7. waah makasi aulia :) smoga jadi dokter yg baik hati dan berguna yah :D

    ReplyDelete
  8. penyakit kanker banyak sekali jenisnya

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena